Install Sentora di CentOS 7

Sentora merupakan kontrol panel web hosting yang sudah umum digunakan. Tidak seperti CPanel yang berbayar, Sentora ialah projek open source yang dapat digunakan oleh siapapun secara gratis. Sebelumnya para developer Sentora merupakan developer ZPanel, namun ZPanel sudah tidak dikembangkan. Dan dengan berbasis pada ZPanel dibuatlah platform baru bernama Sentora.

CentOS sendiri merupakan distribusi Linux yang dibuat untuk komputasi berkelas enterprise dan merupakan turunan dari RHEL ( Red Hat Eterprise Linux). CentOS populer digunakan sebagai OS pada server, lebih populer daripada Ubuntu dan Fedora. Terlebih CentOS merupakan projek open source sehingga tidak memerlukan biaya jika kamu ingin menggunakannya.

 

Perpaduan Sentora dan CentOS merupakan kombinasi yang baik, simpel, dan dapat diandalkan. Kebanyakan client GoCloud.ID kami sarankan menggunakan perpaduan ini untuk membangun pondasi server mereka.

 

Berikut cara menginstall Sentora pada CentOS 7:

 

1. Buka SSH untuk mengakses server kamu. Disini kami menggunakan PuTTY ( kamu juga bisa menggunakan Bitvise atau aplikasi lainnya). Isikan IP Address server kamu, Port biarkan 22, lalu klik “Open”.

 

2. Kemudian loginlah dengan username dan password yang kamu punya. Biasanya akun tersebut merupakan akun “root”. Pada saat mengisi password, karakter password akan disembunyikan, tetaplah mengetik dengan benar. Lalu tekan enter.

 

3. Salin kode dibawah ini lalu paste dengan mengklik kanan pada ssh, lalu tekan enter. Kode tersebut merupakan perintah bash untuk menginstall sentora seperti yang tertera pada github.com/sentora/sentora-installers .

bash <(curl -L -Ss http://sentora.org/install)

Setelah itu proses akan berjalan.

 

4. Tunggu sampai ada pertanyaan seperti box dibawah ini. Lalu pilihlah sesuai keinginan. Jika kamu ingin konfigurasi untuk daerah WIB bisa gunakan shortcut ini [ 5 ‘klik enter’ 15 ‘klik enter’ 1 ‘klik enter’ 1 ].

 

5. Kemudian akan muncul pengaturan akses kontrol panel Sentora. Isilah sub-domain untuk masuk ke kontrol panel Sentora, misal dev.example.com. Lalu isilah IP Adress sesuai server kamu ( biasanya akan langsung diidentifikasi oleh sistem, sehingga tinggal tekan enter ), lalu enter.

Selanjutnya akan ada permintaan konfirmasi, ketik “y” lalu tekan enter. Proses instalasi akan dilanjutkan.

 

6. Ketika selesai akan muncul tulisan yang menyertakan info penting, antara lain username Sentora serta password, dan info tentang MySQL. Info-info tersebut tersimpan didalam file passwords.txt yang berada folder root. Kamu juga bisa menyalinnya dengan mengklik kiri tulisan yang ingin kamu salin, dan akan langsung otomatis berada dalam clipboard. Lalu paste lalu save didalam text editor kamu.

Ketik “y” lalu enter untuk merestart server kamu.

 

7. Lalu kunjungi sub-domain yang kamu buat sebelumnya atau dengan mengunjungi IP Address server kamu. And it’s done!

 

NB. Sebelumnya arahkan DNS sub-domain kamu ke IP Address server kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares